Pages

Rabu, 07 September 2011

RENUNGAN HARIAN - edisi Rabu, 7 September 2011



Lalu berkatalah Daud kepada Natan: "Aku sudah berdosa kepada TUHAN." Dan Natan berkata kepada Daud: "TUHAN telah menjauhkan dosamu itu: engkau tidak akan mati.
(2 Samuel 12:13)
Bacaan : 2 Samuel 12:1-14

KELEMBUTAN HATI
Ketika masih muda, Joy sempat terlibat konflik dengan ayah tirinya ketika ayahnya ingin menasehati agar ia belajar jadi wanita yang dewasa. Beliau tidak setuju dengan beberapa gaya hidup yang ia jalani. Bukannya bertrima kasih dan mendengarkan nasehatnya, malah ia marah dan membantah beliau dengan perkataan yang tidak pantas. Ayahnya pun marah hingga tak mau mengganggapnya sebagai anak lagi. Ketika berdoa, ternyata Tuhan menggerakan hati Joy agar meminta maaf karena perlakuan yang tak baik itu. Puji Tuhan, ternyata ayahnya mau mengampuni kesalahannya.
Sobat muda, kelembutan hati adalah awal dari pemulihan, baik dalam berelasi dengan sesama maupun dalam hubungan kita dengan Tuhan. Saya tidak bisa membayangkan apa jadinya jika Joy tetap ngotot merasa benar dan tidak minta maaf. Mungkin ayahnya juga tidak akan mengampuninya. Hari ini Alkitab menceritakan bagaimana Daud menerima teguran yang sangat keras dari Nabi Natan berkaitan dengan dosanya. Bukannya marah dengan teguran itu, sikap Daud malah menunjukan kelembutan hati yang dimilikinya. "Aku sudah berdosa kepada Tuhan," itulah pengakuan Daud. Tidak ada pembelaan, merasa benar, atau menyalahkan orang lain. Dalam Mazmur 51, Daud juga menyatakan pengakuan dosanya dengan panjang lebar.
Kelembutan hati terlihat ketika kita berani mengakui kesalahan dan minta maaf tanpa membela diri. Kelembutan hati akan nampak pula ketika kita bersedia menerima koreksi, teguran, dan nasihat supaya hidup kita jadi lebih baik di masa mendatang. Bagaimana dengan kondisi hatimu saat selama ini? Apakah kamu termaksud orang yang muda yang mengakui kesalahan dan mau menerima koreksi atau teguran? Mari belajar punya hati yang lemah lembut karena itu akan membawa kebaikan bagi kita. (pol)

"Berbahagialah orang yang lemah lembut karena mereka memiliki bumi." (Matius 5:5)
Sumber: Renungan Anak Muda edisi September 2011

0 komentar:

Posting Komentar